Jumat, 04 November 2011

KAWASAN ASIA TENGGARA DALAM DINAMIKA SEJARAH KEBUDAYAAN 3

03 Di antara Dua Kebudayaan Dunia
Kebudayaan Austronesia tidak mungkin berkembang sendiri di wilayah Asia Tenggara, karena kawasan tersebut menjadi arena pertemuan dua kebudayaan besar Asia yang telah lama berkembang, kedua kebudayaan itu adalah India dan Cina. Di awal tarikh Masehi, dalam periode protosejarah, dapat dipastikan banyak pelaut dan niagawan dari Cina dan India saling berkunjung. Para pelaut tersebut sudah pasti melalui laut, selat, dan pantai-pantai Asia Tenggara. Pada masa itulah terjadi interaksi antara para pelaut Cina dan India dengan penduduk Asia Tenggara yang merupakan bangsa besar Austronesia yang telah mengalami diasporanya.
Kebudayaan bangsa-bangsa di Asia Tenggara (baca: Austronesia) akhirnya diperkaya dengan diterimanya pengaruh dua kebudayaan besar Asia pada masa itu. Maka tidak mengherankan apabila banyak aspek kebudayaan yang datang dari India dan Cina kemudian diterima oleh sub-bangsa-bangsa Austronesia di Asia Tenggara. Apabila diperhatikan secara saksama, maka banyak bangsa Asia Tenggara yang pada awal tarikh Masehi justru menerima kebudayaan India. Penduduk di wilayah Jawa, Sumatera, Bali, Semenanjung Malaysia, Tumasik (Singapura), Thailand, Khmer, Champa, Myanmar yang menerima aspek-aspek budaya India. Adapun Laos dan Vietnam banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, walaupun pengaruh kebudayaan India  meninggalkan pula jejaknya --walau sedikit--  di Laos dan Vietnam. Filipina agaknya lebih lama berada dalam masa proto-sejarah dan tetap mengembangkan kebudayaan Austronesia yang awal. Berdasarkan bukti-bukti arkeologis yang dapat dilacak di Filipina, dapat ditafsirkan bahwa Filipina tidak banyak mendapat pengaruh dari kebudayaan India atau Cina. Penduduk Filipina selatan langsung menerima agama Islam dalam abad ke-15, sedangkan penduduk Filipina di pulau-pulau bagian utara yang masih mengembangkan kebudayaan Austronesia langsung bergaul dan menerima kebudayaan Spanyol yang mengembangkan agama Katholik.
Apabila dibuat prosentasinya negara-negara Asia Tenggara yang mendapat pengaruh budaya India dan yang mendapat pengaruh budaya Cina di awal tarikh Masehi,  maka keluarlah angka 70 % untuk budaya India, 20 % untuk budaya Cina, dan 10 % yang masih mengembangkan budaya Austronesianya, artinya tidak mendapat pengaruh dari dua kebudayaan tersebut. Sebenarnya hanya 3 aspek yang diterima dari kebudayaan India oleh kebudayaan sub-bangsa-bangsa Austronesia di Asia Tenggara, yaitu (1) agama Hindu-Buddha, (2) penggunaan aksara Pallava yang menjadi dasar terbentuknya aksara-aksara tradisional Asia Tenggara, dan (3) sistem kalender Saka. Berpijak kepada 3 hal itulah maka kebudayaan Austronesia menjadi lebih pesat berkembang memasuki zaman sejarahnya. Sumbangan dari kebudayaan Cina yang mengendap dan menjadi dasar perkembangan perkembangan kebudayaan selanjutnya hampir sedikit dirasakan oleh orang-orang Austronesia, kecuali pengaruh politik yang dirasa lebih dominan dari pada India. Banyak sumber sejarah Asia Tenggara selalu menyatakan bahwa raja-raja yang baru dilantik akan mengirimkan utusan ke Cina sebagai informasi atas kedudukan barunya dan seperti meminta pengesahan dari para kaisar Cina.
Ketika agama Islam mulai mengembangkan institusi kerajaan pertama di Asia Tenggara, yaitu Samudera Pasai di wilayah Aceh; banyak bangsa Asia Tenggara daratan masih setia melaksanakan ritus agama Buddha Mahayananya, seperti di Laos, Thailand. Khmer, dan Myanmar. Islam seakan-akan hanya Berjaya di wilayah Asia Tenggara kepulauan dan semenanjung, sementara di pedalaman Asia Tenggara tidak mendapat sambutan yang semarak. Agama Islam adalah pengaruh luar yang datang lebih kemudian ke Asia Tenggara, sesuai dengan para pembawanya yang merupakan kaum niagawan, maka pada awalnya agama tersebut perkembang di wilayah yang mempunyai pantai dan bandar niaga, sudah pasti Islam akan berkembang di wilayah kepulauan dan wilayah tepian continental yang kerapkali dikunjungi para pedagang Islam.
Tidak bisa dipungkiri bahwa Islam adalah bentuk kebudayaan ketiga yang turut memperkaya perkembangan kebudayaan Austronesia di Asia Tenggara. Hanya saja diakui bahwa agama tersebut hanya dipeluk oleh sebagian dari sub bangsa Austronesia yang lazim dinamakan ras Melayu, tetapi Melayu tidak identik dengan Islam.
IMAGINATION IS MORE IMPORTANT THAN KNOWLEDGE ~ALBERT EINSTEIN~

Mu'allimin Scientific Community